Home » » KHASANAH BUDAYA NUSANTARA

KHASANAH BUDAYA NUSANTARA

Written By profitgoonline on Monday 10 June 2013 | 12:48

BAB II
KHASANAH BUDAYA NUSANTARA

A.  Pendahuluan

Bab  ini  akan  mencakup  penjelasan  tentang  budaya  seara  umum  dan budaya  Nusantara  khususnya.  Materi  ini  diberikan  sebagai  panduan  dan  untuk memberikan  gambaran  pada  mahasiswa  bahwa  kearifan  lokal  sebagaimana dimaksud  dalam  Bab  I  akan  termanifestasikan  dalam  kekayaan  khasanah  budaya Nusantara  yang  begitu  luas,  termasuk  bagaimana  perubahan  dan  perkembangan
yang terjadi.
Mahasiswa  juga  dapat  memanfaatkan materi  Filsafat  Nusantara  atau kajian Antropologi  untuk  memperkaya  dan  memperluas  cakrawala  berpikir  tentang  ranah budaya Nusantara tersebut.
Tujuan  Instruksional  Khusus:  Mahasiswa  memahami  khasanah  budaya, khususnya  budaya  Nusantara  dan  mampu  menjelaskan  dinamika  perubahan  dan perkembangan budaya.

B.  Penyajian

Pengertian-pengertian  tentang  kebudayaan  pada  sub  1  dan  2  di  bawah  ini diambil  dan  diktat  Filsafat  Kebudayaan  oleh  Drs.  Miftahuddin  Zuhri  kecuali  yang secara khusus ditulis tersendiri dalam Daftar Pustaka.

1.  Pengertian Budaya (kebudayaan)

a.  Pengertian kebudayaan secara etimologis
Pengertian  kebudayaan  secara  etimologis  adalah  pengertian kebudayaan  didasarkan  atas  asal  kata  kebudayaan,  yakni  dengan  cara menjabarkan  makna  kebudayaan  dan  asal  katanya  dalam  sejarah
penggunaannya.
1)  Koentjaraningrat (dalam Pengantar Antropologi)
Kebudayaan  berasal  dari  kata  “budhayah”  yang  merupakan bentuk  jamak  dari  “budhi”  yang  berarti  budi  atau  akal.  Berdasarkan  asal kata  ini  kebudayaan  dimengerti  sebagai  hal  yang  bersangkutan  dengan akal.
2)  Haji  Agus  Salim  (dalam  Endang  Saefuddin  Ansari,  Agama  dan Kebudayaan)
Kebudayaan di dalam bahasa Jawa diucapkan “kabudayan”, dan merupakan    persatuan  antara  budi  dan  daya.  Kebudayaan  merupakan  kata  yang  sejiwa,  tidak  dipisah-pisah.  Budi  sendiri  mengandung  makna akal,  pikiran,  pengertian,  paham,  pendapat,  ikhtiar,  serta  perasaan. Daya  berarti  tenaga,  kekuatan  dan  kesanggupan.  Kebudayaan  oleh karenanya  berarti  himpunan  segala  usaha  dan  daya  upaya  yang dikerjakan  dengan  menggunakan  hasil  pendapat  budi  untuk memperbaiki sesuatu dengan tujuan mencari kesempurnaan.
3)  M.M. Djojodiguno (dalam Asas-asas Sosiologi)
Kebudayaan  merupakan  bentuk  rimbag  dari  kata  budaya. Budaya  merupakan  mufrad  dan  budi  yang  berarti  kemungkinan-kemungkinan  yang  ada  dalam  jiwa  manusia,  yang  membedakan manusia dengan hewan.
4)  Ki Hajar Dewantara (dalam Masalah Kebudayaan)
Kebudayaan  beranti  buah  budi  manusia,  yaitu  hasil  perjuangan manusia  terhadap  dua  pengaruh  yang  kuat  yaitu  alam  dan  jaman (kodrat dan masyarakat).
Berdasarkan  asal  kata  kebudayaan  dari  bahasa  Sanskerta  dan Jawa di atas, dapat disimpulkan bahwa kebudayaan mengandung anti:
a.)  Hal-hal yang bersangkutan dengan akal.
b.)  Segala  usaha  yang  dikerjakan  berdasankan  pada  budi,  untuk memperbaiki sesuatu dan untuk mencapai kesempurnaan.
c.)  Kemungkinan  hal yang  ada  pada  manusia  yang  membedakannya dengan hewan.
d.)  hasil perjuangan manusia melawan kodrat dan masyarakat.
Istilah  atau  kata  kebudayaan  juga  sering  dipakai  bersama  dengan kata  kultur  (culture)  dan  peradaban  (civilization).  Meskipun  demikian meskipun  secara  umum  ketiga  kata  tersebut  sering  dimengerti  sama,  ada juga yang menganggap athnya nuansa perbedaan tipis  antara kebudayaan, kultur, dan peradaban.

b.  Pengertian kebudayaan secara semantis
Pendekatan  kata  kebudayaan  secara  semantis  merupakan  usaha memahamii  kata  kebudayaan  didasarkan  pada  penggunaannya  di masyarakat  dan  sesuai  dengan  sejarah  pemakaiannya.  Biasanya
masyarakat  tertentu  mempunyai  penekanan  tertentu  terhadap  penggunaan suatu  kata  tertentu.  Di  bawah  ini  beberapa  pendekatan  terhadap  kata kebudayaan secara semantis.
1)  Pada masyarakat Yunani Kuno
Kebudayaan  diungkapkan  dengan  istilah  “paidea”  yang  berarti pendidikan.  Pada  mulanya  dimaksudkan  sebagai  usaha  mendidik  para pemuda.  Setelah  itu  berkembang  dalam  pengertian  isi  pendidikan,  cita-cita hidup yang diwariskan secara turun-temurun dan dianggap mewakili intisari  pandangan  hidup  mereka.  Pada  waktu  sekarang,  kata  yang berarti  kebudayaan  berbunyi  “politeuma”  atau  politik.  Pengertiannya bergeser  dan  makna  pendidikan  menjadi  bermakna  path  konteks kenegaraan.  Sebagai  kesimpulan,  kebudayaan  semula  diartikan sebagai  usaha  memperbaiki  hidup  manusia  dengan  pendidikan,  dan akhirnya  berarti  suatu  usaha  yang  menyangkut  kepentingan  seluruh masyarakat dalam rangka membentuk hidup yang Iebih baik.
2)  Pada masyarakat Romawi
Kebudayaan  diungkapkan  dengan  kata  “cultura”  yang  berarti mencurahkan  perhatian  atau  menggemari.  Orang  Romawi  sangat mengenal  istilah  Cultura  Dei,  yang  berarti  kebaktian  kepada  Tuhan  dan agriculture,  yang  berarti  memelihara  tanah.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa dua  hal  yang  sangat  prinsip  dan  berharga  dalam  kehidupan  orang Romawi adalah membangun negara dengan cara beribadat dan bertani. Di  samping  hal  tersebut  di  atas,  masih  ada  istilah  humanitas.
Humanitas  diartikan  dengan  perikemanusiaan.  Sepadan  dengan pengertian  ini,  humaniora  dalam  pendidikan  berarti  pelajaran  yang menginginkan  terwujudnya  nilai-nilai  kemanusiaan.  Oleh  karenanya,
kebudayaan  diarahkan  untuk  mempertinggi  derajat  kemanusiaan.
Pengertian  ini  sangat  berbeda  dengan  sejarah  kebudayaan  Barat modem  yang  menekankan  pada  perkembangan  ilmu  dan  teknologi untuk  menguasai  dunia  materiil.  Kebudayaan  dalam  arti  ini  bahkan
sering  menyebabkan  manusia  terasing  dari  kemanusiaannya  sendiri.
Kebudayaan  dalam  pengertian  humaniora  adalah  untuk  mengembang-kan nilai-nilai manusiawi yang paling fundamental.
3)  Pada masyarakat India
Kebudayaan  dikenal  dengan  istilah  “sarvodaya”,  yaitu keseluruhan  hasil  usaha  manusia  untuk  mencapai  perkembangan integral  dan  seimbang.  Persepsi  ini  pada  dasamya merupakan  orientasi
yang melihat segala sesuatu  sebagai  suatu kesatuan total.  Kebudayaan  India  ditekankan  pada  usaha  menciptakan  harmoni  dalam  kehidupan usia, masyarakat,  dan  dunia meskipun di dalamnya tetap terdapat suatu tingkatan.
4)  Pada masyarakat Arab
Gambaran kebudayaan dimunculkan dalam beberapa istilah a.l.”
a)  hadarat, menekankan pada aspek pengolahan dan penyempurnaan
b)  muruwah, berarti humanisme kesukuan
c)  tamaddun  dan madaniyyah, mendekati  arti  sivilisasi,  yaitu menyebut seluruh sejarah kebudayaan muslim.
d)  thagafa, kebudayaan diartikan pada perkembangan ilmu, penekanan aspek intelegensi.
e)  umran  badawi  (kebuthyaan  primiti f)  dan  umran  hadari  (kebudayaan modern high culture).
Berdasarkan  peristilahan  di  atas  dapat  dikatakan  bahwa  pada dasamya  kebudayaan  merupakan  penjelmaan  nilai-nilai  manusiawi.
Konsep  kebudayaan  Islam  (atau  Arab)  pada  hakikatnya  menekankan pada  peranan  akal  dan  pengembangan  ilmu  pengetahuan.  Hal  ini  mirip dengan  konsep  budaya  modem  (umran  hadari-high  culture)  yang menekankan  pada  pengembangan  ilmu  dan  teknologi  modem.
Meskipun  demikian,  konsep  kebudayaan  pada  hakikatnya  didasarkan atas budi manusia.
5)  Pada masyarakat Indonesia
Di  Indonesia,  penggunaan  kata  kebudayaan  ditekankan  pada aspek  budi  sebagai  kebudayaan.  Dengan  daya  budinya  manusia merealisasikan  kualitas  dirinya  ke  tingkat  yang  lebih  manusiawi.
Pendapat-pendapat  mengenai  perealisasian  budi  daya  manusia  ini datang  dari  berbagai  ahli.  Pada  dasamya  mereka  menekankan  pada pengembangan  kreativitas  budi  daya  manusia  lengkap  dengan  segala kemampuannya menapaki sejarah perkembangan di masa datang.
Berdasarkan  pemakaian  kata  kebudayaan  dari  berbagai masyarakat  ditunjukkan  bahwa  pada  dasarnya  kebudayaan  berbicara mengenai  si fat-sifat  dasar  manusiawi,  yaitu  bagaimana  manusia
mengembangkan bakat akal budinya dalam menghadapi kehidupannya.
2.  Unsur dan Wujud Budaya
Unsur-unsur  budaya  (kebudayaan)  terangkum  dalam  kebudayaan universal  (cultural  universal).  Unsur  kebudayaan  terdiri  dari  tujuh  hal  dan merupakan unsur umum yang ada dalam tiap kebudayaan.
a.  Sistem religi dan upacara keagamaan
b.  Sistem dan organisasi kemasyarakatan
c.  Sistem pengetahuan
d.  Bahasa
e.  Kesenian
f.  Sistem mata pencaharian hidup
g.  Sistem teknologi dan penalatan
(Koenjaraningrat, 1990;2).
Di  dalam  setiap  kebudayaan  yang  berkembang  selalu  terdapat  tujuh unsur  ini.  Tentu  saja  hal  ini  tidak  lepas  dari  pengertian  kebudayaan  yang merupakan  wahana  kreativitas  manusia  yang  berevolusi  dan  selalu berkembang.  Sistem  keagamaan  mulai,  sistem  organisasi ,  pengetahuan, bahasa,  kesenian,  sistem  mata  pencaharian,  sistem  berteknologi  ada  dalam wujud-wujud  kebudayaan  sesuai  dengan  perkembangan  kebudayaan  suatu masyarakat.  Tentu  saja  kualitas  dan  bentuknya  berbeda.  Meskipun  demikian unsur-unsur  tersebut  ada.  Sebagai  misal  bahasa,  pada  suatu  masyarakat, bahasa mempunyai  gagasan  idenya sendiri secara  nonmatif, begitu juga dalam pelaksanaannya  di  dalam  pembicaraan  dan  hash  budaya  bahasa  mungkin muncull dalam ragam sastra.
Di  dalam  memperjelas  pemahaman  ini  mahasiswa  diberikan kesempatan  untuk  melihat  penampilan  unsur  budaya  suatu  masyarakat  dan mendiskusikannya sesuai dengan kreativitas berpikimya.
Dilihat  dan  sisi  wujud,  setidaknya  ada  tiga  wujud  (Koentjaraningrat, 1990:5):
a.  Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dan ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai,  norma-norma,  peraturan-peraturan  dan  sebagainya.  Wujud pertama  ini  disebut  adat  tata  kelakuan  atau  adat  dan  disebut  juga  sistem budaya. Artinya, wujud budaya ini merupakan tata kelakuan yang mengatur,
mengendalikan  dan  memberi  arah  kelakuan  dan  perbuatan  manusia  di dalam masyarakat.
b.  Wujud  kebudayaan  sebagai  suatu  kompleks  aktivitas  kelakuan  yang berpola dari manusia suatu masyarakat. Wujud kebudayaan ini juga disebut sebagai sistem sosial.
c.  Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.
Wujud  kebudayaan  pertama,  sebagai  kompleks  ide  merupakan  wujud ideal  kebudayaan.  Fungsinya  adalah  sebagai  tata  kelakuan  yang  mengantur, mengendalikan,  memberi  arah  pada  kelakuan  dan  perbuatan  manusia  di masyarakat.  Selanjutnya  disebut  sistem  budaya  yang  terealisasi  dalam  sistem
norma,  sistem  hukum,  dan  peratusan  khusus  yang  berhubungan  dengan aktivitas hidup manusia sehari-hari. (Koentjaraningrat, 1974; 15-16).
Wujud  kebudayaan  kedua  disebut  juga  sistem  sosial.  Sistem  sosial terdiri  dari  aktivitas-aktivitas  manusia  yang  saling  berinteraksi  menurut  pola-pola  tertentu  berdasarkan  adat  tata  kelakuan  dan  wujud  kebudayaan  pertama di  atas.  Sistem  sosial  ini  bersifat  konkrit,  terjadi  di  sekeliling  manusia  dalam kehidupan  sehari-hari.  Sedangkan  wujud  kebudayaan  yang  ketiga  berupa kebudayaan  fisik,  benda-benda  konkrit  yang  dapat  dilihat  dan  diraba  sebagai hasil  budi  daya  manusia  (Koentjaraningrat,  1974;  16).  Kebudayaan  konkrit  ini dapat  ditunjuk  misalnya  bangunan,  hasil  seni,  hasil  teknologi,  buku,  dan sebagainya.
A.L.  Kroeber  mengatakan  bahwa  dalam  menganalisis  kebudayaan seorang  peneliti  harus  memisahkan  dengan  tajam  kebudayaan  sebagai  suatu sistem  gagasan  dan  pikiran  manusia  yang  hidup  di  masyarakat,  dan kebudayaan  sebagai  sistem  akktivitas  tingkah  laku  manusia  di  masyarakat.
Sistem  yang  pertama  adalah  culture  system  atau  sistem  budaya,  dan  yang kedua  adalah  social  system  atau  sistem  sosial  (Koenjaraningrat,  1980;  131-132).

Sistem  budaya  merupakan  kompleks  ide  yang  bersifat  sistematik  dan normatik  yang  merupakan  sistem  tata  nilai  yang  dianggap  ideal  oleh  suatu masyarakat  dan  diusahakan  untuk  direalisasikan  dalam  kehidupan  sehari-hari ini  merupakan  pola  kebudayaan  yang  relatif  khas  bagi  suatu  masyarakat
pendukung.  Gagasan  dasar  ini  akan  tercermin  dalam  tata  hidup  dan  menjadi pandangan hidup bermasyarakat.
3.  Perubahan budaya
Mengenai  pengertian  perubahan  kebudayaan  dapat  dihubungkan dengan pengertian kata benda dan kata kerja. Kebudayaan sebagai kata benda  artinya  kebudayaan  dilihat  dari  segi  sifat  teoritisnya,  sedangkan  kebudayaan sebagai  kata  kerja  artinya  kebudayaan  dilihat  dan  segi  praktis.  Kebudayaan
dipandang  sebagai  manifestasi  kehidupan  setiap  orang  atau  kelompok  orang yang  selalu  mengubah  alam.  Kegiatan  manusia  memperlakukan  lingkungan alamiahnya  itulah  kebudayaan.  Kebudayaan  merupakan  usaha  manusia, perjuangan  setiap  orang  atau  kelompok  dalam  menentukan  hari  depannya.
Kebudayaan merupakan aktivitas yang dapat diarahkan dan direncanakan (Van Peursen, 1976:10-11)
Dalam  pengertian  kebudayaan  sebagai  kata  kerja  maka  kebudayaan dalam  tiga  wujudnya  tidak  dilihat  sebagai  produk  melainkan  sebagai  bahan yang  digunakan  untuk  membantu  menentukan  dan  mencari  hari  depan. Realitas  kebudayaan  tidak  diterima  sebagai  warisan  melainkan  sebagai  bahan
yang  harus  dikoreksi  dan  disesuaikan,  diintegrasikan  dengan  kebutuhan  dan kepentingan  hari  depan.  Oleh  sebab  itu  dituntut  adanya  kemampuan, kreativitas,  dan  penemuan-penemuan  baru.  Manusia  tidak  hanya  membiarkan diri  dalam  kehidupan  lama  melainkan  dituntut  mencari  jalan  baru  dalam
mencapai  kehidupan  yang  lebih  manusiawi.  Dasar  dan  arah  yang  dituju  dalam perencanaan  kebudayaan  adalah  manusia  sendin  sehingga  humanisasi menjadi  kerangka  dasar  dalam  strategi  kebudayaan  (Ali  Moertopo,  1978;  12).

Maka  tepat  dengan  pemahaman  kearifan  lokal  pada  bab  sebelumnya,  sebagai bentuk  budaya  maka  ia  akan  mengalami  reinforcement  secara  terus-menerus menjadi  yang  lebih  baik.  Ali  Moertopo  mengatakan  bahwa  humanisasi merupakan ideal proses dan tujuan kebudayaan.
Dinamika  kebudayaan  merupakan  suatu  hal  yang  niscaya.  Hal  ini  tidak lepas  dari  aktivitas  manusia  dengan  peran  akalnya.  Dinamika  atau  perubahan kebudayaan  dapat  teijadi  karena  berbagai  hal.  Secara  fisik,  bertambahnya penduduk,  berpindahnya  penduduk,  masuknya  penduduk  asing,  masuknya
peralatan  baru,  mudahnya  akses  masuk  ke  daerah  juga  dapat  menyebabkan perubahan pada kebudayaan tertentu. Dalam Iingkup hubungan antar manusia, hubungan  individual  dan  kelompok  dapat  juga  mempengaruhi  perubahan kebudayaan.
Di  kalangan  antropolog  ada  tiga  pola  yang  dianggap  paling  penting berkaitan  dengan  masalah  perubahan  kebudayaan:  evolusi,  difusi,  dan akulturasi.  Landasan  dan  semua  ini  adalah  penemuan  atau  inovasi.  (Lauer, 1993:387).
a)  Evolusi
Evolusi  kebudayaan  dilukiskan  antropolog  berkembang  dari  bentuk yang  rendah  ke  yang  tinggi,  dari  kekejaman  sampai  keberadaban. Pendapat  Morgan  sebagaimana  dikutip  menyatakan  bahwa  kemajuan
kebudayan  sejalan  dengan  perkembangan  teknologi  (Lauer,  1993:3  89).
Ada  beberapa  pendekatan  tentang  teori  evolusi  dari  para  pemikir  lama sampai  yang  berikutnya.  Julian  Steward  menambah  satu  pendekatan (evolusi  multilinier)  sehingga  ada  tiga  pendekatan  utama  untuk  memahami perkembangan kebudayaan Lauer, 1993:394).
1)  Pendekatan  teoritisi  evolusi  kuno  dan  teori  yang  menganggap perkembangan evolusi menurut garis lurus.
2)  Pendekatan  teoritisi  “relativitas  kebudayaan”  yang  melihat perkembangan  kebudayaan  “ada  dasarnya  berbeda-beda”  dan  yang mencoba  mengidentifikasi  ciri-ciri  kebudayaan  yang  membedakan
antara satu masyarakat dan masyarakat lain.
3)  Pendekatan  multilinier.  ini  merupakan  sebuah  penegasan  bahwa  ada keteraturan  persilangan  kebudayaan  yang  berarti  tetapi  keteraturan  itu harus  menyinggung  seluruh  masyarakat  manusia.  Kebudayaan berkembang  menurut  garis  yang  berbedaan  ini  digambarkan  sebagai pohon  yang  bercabang  banyak.  Pada  waktu  yang  sama  terdapat keteraturan  persilangan  atau  kesejajaran  sejarahnya.  Kesejajaran  ini ada  karena  kenyataan  bahwa  perubahan  kebudayaan  dihasilkan  dari
adaptasi terhadap Iingkungan.
Dari berbagai pendekatan ini disimpulkan Lauer ada kurang lebihnya termasuk  pendekatan  multilinier  Steward  sekali  pun  yang  merupakan  satu ide pembaharuan.
b)  Difusi
Difusi merupakan  proses  yang menyebarkan  penemuan (inovasi)  ke seluruh  lapisan  satu  masyarakat  atau  ke  dalam  satu  bagian  atau  dari  satu masyarakat  ke  masyarakat  lain.  Tidak  mudah  untuk  mengatakan  bahwa kebiadaan  atau  kebudayan  tertentu  merupakan  basil  difusi  ataukah  hasil
inovasi  dan  kebudayaan  yang  bersangkutan.Banyak  terjadi modi fikasi  pada kenyataannya (Lauer, 1993: 397-402).
c)  Akulturasi
Akulturasi  mengacu  pada  pengaruh  satu  kebudayaan  terhadap kebudayaan  lain  atau  saling  mempengaruhi  antara  dua  kebudayaan  yang  mengakibatkan  adanya  perubahan  kebudayaan.  Tidak  ada  definisi  yang dianggap memuaskan dan  definisi di atas seperti   halnya definisi antropologi klasik  Redfield,  Linton,  dan  Herkovits  yang  mengatakan  bahwa  akulturasi meliputi  fenomena  yang  dihasilkan  sejak  dua  kelompok  yang  berbeda kebudayaan  mulai  melakukan  kontak  langsung,  yang  kemudian  diikuti perubahan  pola  kebudayaan  asli  salah  satu  atau  kedua  kelompok  tersebut.
Menurut  definisi  tersebut  dikatakan  bahwa  akulturasi  hanya  merupakan salah satu aspek dari perubahan kebudayaan. Difusi yang dijelaskan di atas merupakan  bagian  dari  akulturasi.  Difusi  selalu  terjadi  dalam  akulturasi  dan dengan  demikian  memerlukan  kontak  langsung  sebagaimana  syarat akulturasi. Definisi lain  yang dikutip Lauer dan dianggap menjadi standar dalam studi  perubahan  kebudayan  dan  dirumuskan  tahun  1954  menyatakan bahwa  akulturasi  adalah  perubahan  kebudayaan  yang  dimulai  dengan
berhubungannya  dua  sistem  kebudayaan  atau  lebih  yang  masing-masing otonom. Dan akulturasi ini  dianggap mempunyai  pengaruh yang lebih  dasar daripada  difusi,  dalam  arti  kebudayaan  yang  dipengaruhi  akan  menyerupai kebudayaan  yang  dipempengaruhi  (Lauer,  1993:403).  Ketika  akulturasi
dianggap  sebagai  “penyatuan”  dua  budaya  atau  lebih  maka  akan  terjadi beberapa  perubahan.  Di  satu  sisi  ada  kebudayaan  yang  mengikuti  (ini disebut  sebagai  kebudayaan  yang  lemah)  di  sisi  lain  kebudayaan  yang mengikuti  (ini  disebut  kebudayaan  yang  kuat).  Dalam  kasus-kasus  tertentu
tidak  selalu  demikian  karena  yang  muncul  adalah  kebudayaan  yang  sama sekali  baru.  Keduanya  bisa  sama-sama  kuat  atau  sama-sama  lemah (Lauer, 1993:402-405).
Perubahan  kebudayaan  sebagai  akibat  inovasi,  difusi  dan pertemuan  antar  budaya  akan  mempengaruhi  tiap  individu  anggota kebudayaan.  Di  dalam  diri  individu  akan  terdapat  proses  internalisasi  nilai-nilai  kebudayaan  tersebut  sehingga  ia  menjadi  bagian  dari  kebudayaan tersebut.  Proses  internalisasi  ini  sering  disebut  inkulturasi.  Satu  definisi mengatakan  bahwa  inkulturasi  adalah  proses  keterlibatan  individu  dalam kelompok  dan  dalam  kontak  antarbudaya.  Kekuatan  inkulturasi  tergantung dari  beberapa  hal  yang  akan  menyebabkan  individu  tersebut  dapat  hidup dalam kebudayaan baru tersebut atau tidak. Ada empat saluran inikulturasi:
(1)  Jaringan  yang  mempengaruhi  individu,  yaitu  tempat  individu  tersebut berkecimpung  dalam  hidup  bermasyarakat  dan  berkebudayaan  dan  di  dalamnya  terdapat  nilai-nilai  tertentu  yang  hidup  dan  dikembangkan, misalnya pendidikan.
(2)  Struktur  kepribadian  dasar;  berupa  penghayatan  individual.  Ini  sangat mempengaruhi  bagaimana  individu  tersebut  dapat  menolak,  menerima atau mengembangkan nilai-nilai baru yang diterimanya.
(3)  Saluran  kontrol  dan  bimbingan.  Adalah  lembaga  atau  lingkungan  yang memberikan  pertimbangan  tentang  nilai  yang  semestinya  individu tersebut dapat mengikuti atau tidak, misalnya keluarga.
(4)  Self-expression. Bahwa nilai baru yang diterima tersebut kemudian akan disalurkan  dalam  ekspresi  individual.  Kemudian  nilai-nilai  ini  akan diasimilasikan secara dinamis dan terbuka bagi peningkatan lebih lanjut.
4.  Pengertian, wujud dan perubahan pada budaya Nusantara Luasnya pengertian budaya relatif seluas pengertian budaya  Nusantara.

Pendapat  seputar  asal-usul  budaya  Nusantara  antara  lain  dalam http://www.sinarharapan.co.ic/hiburan/budaya/2003/1018/bud2.html.  Uraian cukup  lengkap  yang  menggambarkan  kekayaan  budaya  Nusantara  dari  sisi unsur-unsurnya  dapat  dibaca  dalam  Manusia  dan  Kebudayaan  di  Indonesia (Koentjaraningrat, 1999).
Menurut  Fuad  Hasan,  budaya  Nusantara  yang  plural  merupakan kenyataan hidup (living reality)  yang tidak dapat  dihindari.  Kebinekaan  ini  harus dipersandingkan  bukan  dipertentangkan.  Keberagaman  ini  merupakan manifestasi  gagasan  dan  nilai  sehingga  saling  menguat  dan  untuk meningkatkan  wawasan  dalam  saling  apresiasi.  Kebinekaannya menjadi bahan perbandingan  untuk  menemukan  persamaan  pandangan  hidup  yang  berkaitan dengan  nilai  kebajikan  dan  kebijaksanaan  (virtue  and  wisdom).  Pandangannya tentang  budaya  Nusantara  ini  dapat  diakses  di http://kongres.budpar.go.idlnews/articke/Pokok_pokokbahasan.htm.
Pembagian  corak  budaya  Nusantara  yang  terdiri  dari:  budaya  Melayu, Budaya  Jawa,  dan  non-jawa  non-Melayu  dapat  diakses  dalam http://www.indonesiamedia.com/2004/05/early/budaya/budaya-0504-bhineka.htm.  Kekayaan  budaya  Nusantara  yang  lain  dalam  hal  bahasa, kesenian,  agama  dan  perkembangan  hukum  dapat  diakses  ke http://202.159.18.43/data/sos.htm.  Informasi  Iebih  dalam  konteks  pusat  budaya Jawa,  lingkup  istana,  tentang  semangat  berbudaya  Jawa  dan  pandangan-pandangannya dapat diakses ke http://www.Jawapalace.org/kami.html.
Dalam  perjalanannya,  budaya  Nusantara,  baik  yang  masuk  kawasan istana atau masyarakat pada umumnya, tidak statis. Ia bergerak sesuai dengan perkembangan  jaman.  Dengan  adanya  kontak  budaya,  difusi,  assimilasi, akulturasi  yang  dibahas  dalam  bab  sebelumnya,  namapak  bahwa  perubahan
budaya  di  masyarakat  cukup  signifikan.  Salah  satu  kajian  tentang  perubahan masyarakat Jawa, yang sudah semestinya mengubah tatanan dan aspek-aspek budayanya  tampak  dalam  karya  Niels  Mulder  (1985)  yang  berjudul  Pribadi  dan Masyarakat  di  Jawa.  Masih  banyak  lagi  kajian  tentang  pergeseran  dan perubahan  budaya  yang  harus  dieksplorasi  lebih  lanjut.  Soerjanto Poespowardoyo  (1993:  63-72),  juga  menjelaskan  bagaimana  perubahan budaya  sebagai  akibat  orientasi  nilai  budaya  yang  berubah  ini  serta  langkah-langkah kebijakan yang dapat dilakukan.

C.  Penutup

Khasanah  budaya  Nusantara  sangatlah  luas  dan  dapat  ditelusuri  dari  sisi sejarah  dan  manifestasinya  dalam  berbagai  macam  corak  dan  tingkah  laku  sosial masyarakat.  Secara  kategoris  dapat  dikelompokkkan  pada  budaya  yang  bercorak Melayu,  Jawa,  dan  non-layu  non-Jawa.  Dalam  perkembangannya  apa  yang  ideal dalam  tiga  kategori  budaya  tersebut  berubah  akibat  akulturasi,  asissimilasi  dan difusi.
Kemampuan  mahasiswa  memahami  khasanah  budaya  Nusantara  dapat dilihat  dari  kemampuannya  menjelaskan  khasanah  budaya  dan  perubahan  yang terjadi  dalam  ranah  tersebut.  Pengayaan  mateni  harus  dilakukan  mahasiswa dengan  melakukan  kajian  pustaka  secara  terus-menerus  dan  browsing  dengan menggunakan teknologi internet.
Dalam  rangka  mengarahkan  path  kajian  yang  lebih  pada  ranah  dimana kearifan  lokal  Nusantara  dapat  ditemukan termasuk  dalam kerangka  wujud  budaya yang bagaimana.

Artikel / File ini diambil dari www.elisa.ugm.ac.id dimana file ini merupakan karya dari dosen Fakultas Filsafat UGM pengampu materi kuliah Kearifan Lokal oleh Dra. Sartini, M.Hum.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : BIOLOG-INDONESIA | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. Materi Kuliah - All Rights Reserved
Published by Profitgoonline