Fading
Tujuan :
- Mahasiswa dapat
memahami Fading sebagai salah
satu metode untuk membentuk perilaku.
- mahasiswa dapat
menerapkan dalam kehidupan sehari – hari
Pengertian
Adalah
perubahan secara gradual pada successive
trials dari stimulus yang mengontrol respon, sehingga respon yang
dihasilkan sedikit demi sedikit akan berubah seiring dengan semakin lengkapnya
stimulus.
Faktor – faktor yang
Mempengaruhi Keefektivitasan Fading :
- Memilih stimulus akhir
yang diinginkan
Sangat penting memilih stimulus akhir yang tepat untuk
dapat menghasilkan perilaku (respon) akhir yang diinginkan.
- Memililh stimulus awal
Pada permulaan fading, sangat penting menentukan stimulus
awal yang mungkin memunculkan perilaku yang diinginkan.
Prompt
adalah stimulus yang diperkenalkan utuk mengontrol perilaku yang diinginkan
selama masa awal program belajar dankemudian dihilangkan setelah perilaku yang
diinginkan diperkuat.
Prompt dibedakan
menjadi :
- Physical
Prompt
Misal : orang tua memegangi anaknya ketika belajar
berjalan.
- Gestural
Prompt
Misal : trainer menujukkan materi pada peserta dengan
menggunakan pointer
- Modeling
Prompt
Misal : pelatih renang menunjukkan gerakan tangan dalam
gaya bebas.
- Verbal
Prompt
Misal : pelatih mengendarai mobil
mengatakan pada siswa “hati – hati, jangan terlalu cepat”
- Environmental
Prompt
Misal : orang yang ingin mengurangi berat badan menempel
fotonya yang gemuk di depan pintu kulkas.
Selain itu, Prompt juga
dibedakan menjadi :
1. extra stimulus prompt
sesuatu yang ditambahkan pada lingkungan untuk membentuk
respon yang diinginkan.
2. within stimulus prompt
perubahan karakteristik dari stimulus untuk membuatnya
lebih mudah diperhatikan/dibedakan.
- Memillih tahapan fading
Jika respon dapat terjadi dengan prompt yang diberikan,maka prompt
dapat secara berthap dihilangkan. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu
lambat, tetapi harus disesuaikan dengan perkembangan subjek.
- Memilih reinforcer yang
sesuai
Pemilihan reinforcer yang tidak sesuai bisa menyebabkan
perilaku yang dihasilkan sebagai respon tidak terkuatkan.
- Menerapkan rencana pada
efek program
Untuk memperkecil terbentuknya efek negatif dan
memperbesar efek positif sebagai hasil program fading yang dilakukan.
Contoh Penerapan Fading
1. Belajar
mengendarai sepeda
2. Menuntun
anak belajar menggambar lingkaran, segitiga, menulis angka dan huruf
3. Mengajarkan kemampuan verbal pada anak autis
4. Memunculkan perilaku tidak merokok
DAFTAR BACAAN
Hergenhahn, B.R. Matthew H. Olson .
2001. An Introducton to Theories of
Learning. New Jersey : Prentice – Hall
Kazdin, Alan E (1994). Behavior Modification in Applied Setting.
California : Brooks/ Cole Publishing Company
Martin, Garry. Joseph
Pear. (2003). Behavior Modification :
What It Is and How to Do It. Seventh Edition. New Jersey : Prentice Hall.
Inc
Artikel / File ini diambil dari elisa.ugmac.id dimana file ini merupakan karya dari dosen Fakultas Psikologi UGM pengampu materi kuliah Modifikasi Perilaku