BAB VIII
Isu Kekeringan dan Kelestarian Sumber Daya Air
PENDAHULUAN
Deskripsi singkat: Berangkat dari isu mengenai kekeringan dan kelestarian sumber daya
air, bagaimana kondisi cuaca saat ini bergantung juga pada aktivitas manusia.
Adanya kondisi wilayah yang kekeringan air merupakan sebuah efek dimana
lingkungan yang sudah tidak seimbang mengakibatkan proses pelestarian sumber
daya air menjadi tidak baik. Keseringan munculnya kekeringan dikarenakan
tumbuhan serta lahan sebagai wadah peresapan air hujan populasinya sangat
sedikit sehingga membuat kelangkaan air. Manusia dalam melakukan pembangunan
yang tidak memperhatikan kelestarian akan lingkungan menjadi salah satu faktor
penting sebagai pelaku yang harusnya mampu menjaga keseimbangan alamnya.
Kekeringan yang menjadi kendala bagi kelangsungan hidup manusia terutama pada
musim kemarau ini dapat berdampak buruk terhadap lingkungan alam lainnya.
Kemudian pergerakan untuk melestarikan alam menjadi sebuah jalan yang harus
dilakukan oleh manusia untuk mengembalikan kekayaan sumber daya utamanya dengan
menghadirkan kembali lahan serta hutan sebagai wadah untuk menampung curah
hujan agar dapat dimanfaatkan.
Manfaat: mengetahui arti penting
sumber daya air bagi kebutuhan makhluk hidup yang semakin hari semakin menipis
serta memahami pengelolaan sumber daya air yang baik.
Relevansi: kebutuhan air bersih yang semakin menipis setiap
harinya perlu dijelaskan dengan pendekatan antropologi ekologi yang juga
berkaitan dengan pengelolaan sumber daya air oleh manusia. Pemahaman mengenai
hal ini akan menambah pengetahuan mahasiswa agar mampu membidik persoalan yang
menyangkut pengelolaan sumber daya air tersebut.
Learning Outcomes: Mahasiswa mampu menggunakan pendekatan antropologi ekologi untuk
membahas isu
kekeringan dan kelestarian sumber daya air.
PENYAJIAN
Dosen menjelaskan bahasan pengantar perkuliahan, mengawal diskusi
dan memberikan kritik dan tugas. Mahasiswa membaca artikel dan kemudian
mempresentasikan dan berdiskusi didampingi dosen. Mencari studi kasus,
menganalisisnya, presentasi. ikut secara aktif berdiskusi.
Tugas: Mahasiswa
mencari isu terkait dengan bahan yang didiskusikan dan kemudian menggunakan
salah satu pendekatan antropologi untuk menganalisisnya dan dipresentasikan di
kelas.
Artikel / File ini diambil dari elisa.ugmac.id dimana file ini merupakan karya dari dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM pengampu materi kuliah Antropologi Ekologi - Bambang Hudayana